Label

Kamis, 28 November 2013

Apa Itu Puisi

Puisi (dari bahasa yunani kuno poieo/poio = I Create) adalah seni tertulis dimana bahasa yang digunakan untuk kualitas estetiknya untuk tambahan, atau selain arti semantiknya.

penekanan pada seni estetik suatu bahasa dan penggunaan sengaja pengulangan, meter dan rima adalah yang membedakan puisi dari prosa. Namun perbedaan ini masih diperdebatkan oleh beberapa ahli modern yang memiliki pendekatan dengan mendefinisikan puisi tidak sebagai jenis literatur tapi sebagai perwujuddan imajinasi manusia yang menjadi sumber segala kreativitas. selain itu puisi juga merupakan curahan isi hati seseorang yang membawa orang lain kedalam hatinya.

Baris-baris pada puisi dapat berbentuk apa saja, hal tersebut merupakan salah satu cara penulis untuk menunjukan pemikirannya, puisi kadang-kadang juga hanya berisi satu kata/suku kata yang terus diulang-ulang, bagi pembaca hal tersebut mungkin membuat pusi tersebut tidak di mengerti, tapi penulis selalu memiliki alasan untuk segala "keanehan" yang diciptakannya, tak ada yang membatasi keinginan penulis dalam menciptakan sebuah puisi, ada beberapa perbedaan antara puisi lama dan puisi baru.

Namun beberapa kasus mengenai puisi modern atau puisi cyber, belakangan ini makin memprihatinkan jika titik dari pokok dan kaidah puisi itu sendiri yaitu 'pemadatan kata' kebanyakan pemain aktif sekarang baik pemula ataupun bukan lebih mementingkan gaya bahasa dan bukan pada pokok puisi tersebut.

Didalam puisi juga biasa disiapkan majas yang membuat puisi itu semakin indah, majas tersebut juga ada bermacam-macam, salah satu nya adalah sarkasme yaitu sindiran langsung dengan kasar.
di beberapa daerah indonesia puisi juga sering dinyanyikan dalam bentuk pantun.

Mungkin sekian dulu dari saya ,, semoga bermanfaat :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar